KATA PENGANTAR

Pengaruh perubahan globalisasi, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta seni dan budaya berdampak pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia mengalami perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai akumulasi respon terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.


Hal ini menuntut perbaikan sistem penyelenggaraan pendidikan di sekolah termasuk pengembangan kurikulum sekolah di SMP Al-Azhar 3 Way Halim. Pengembangan kurikulum SMP Al-Azhar 3 Way Halim mengacu pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, 23 dan 24 tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan dan Pedoman Pelaksanaan Permen Nomor 22 dan 23 tahun 2006.


Upaya pengembangan kurikulum dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, dilakukan secara menyeluruh mencakup aspek moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, kesehatan, seni dan budaya lokal maupun nasional. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik.
Kurikulum ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, kondisi sekolah dan kemampuan sumber daya sekolah. Dokumen kurikulum SMP Al-Azhar 3 Way Halim terdiri dari :

  1. Pendahuluan yang memuat Rasional, Tujuan Sekolah dan Ketentuan Umum
  2. Struktur dan Muatan Kurikulum
  3. Kalender Pendidikan
  4. Pengembangan Silabus untuk semua mata pelajaran


Kepada seluruh dewan guru dan pegawai, komite sekolah, tokoh masyarakat, praktisi pendidikan, Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Kota Bandar Lampung dan semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung membantu kurikulum SMP Al-Azhar 3 Way Halim kami ucapkan terima kasih.


Kami menyadari bahwa kurikulum ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif untuk kesempurnaan kurikulum SMP Al-Azhar 3 Way Halim dimasa yang akan datang.


Mudah-mudahan dengan diterbitkannya kurikulum ini diharapkan warga sekolah (Pendidikan Tenaga Kependidikan) dapat menggunakannya sebagai acauan dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan pembelajaran di SMP Al-Azhar 3 Way Halim. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat dan Karunianya kepada kita semua. Amin.


Bandar Lampung,

Kepala SMP Al-Azhar 3 Way Halim




MUHDINI, S.Pd

NIP. 131 679 187

Tidak ada komentar:

Posting Komentar